test

Membackup dan Merestore Data Android Sebelum dan Sesudah Factory Reset

Membackup dan Merestore Data Android Sebelum dan Sesudah Factory Reset

Anda tahu hard reset / factory reset ? Bagi yang belum tahu, hard / factory reset merupakan metode penghapusan data pengguna dan mengembalikan gadget seperti saat di keluarkan dari pabrik. Bagaimana jika anda ingin melakukan factory reset pada smartphone android tanpa kehilangan data? Jika itu yang anda ingin kan, berikut ini saya berikan solusinya.

Pertama kita harus tahu dulu data apa saja yang di hapus oleh metode ini, yang di hapus antara lain: SMS, Contact, Call Log, dan Aplikasi yang bukan bawaan pabrik. Setelah mengetahui data apa saja yang akan hilang baru kita mengatur strategi penyelamatan data. Berikut langkah – langkahnya.

  • Membackup SMS, Contact, dan Catatan Panggilan Android

Untuk membackup SMS, Contact dan, Call Log saya memilih menggunakan Mobile Back Up II yang tersedia gratis di android market. Jika anda belum menginstall aplikasi ini silahkan buka aplikasi market lalu lakukan pencarian dengan kata kunci “Mobile Back Up II“, kemudian pilih install dan tunggu hingga proses download dan instalasi selesai.

Jika proses instalasi telah selesai, buka aplikasi yang baru kita install tadi kemudian pilih data apa yang ingin anda backup dan tunggu hingga selesai satu persatu.

Android

  • Membackup aplikasi android

Selanjutnya kita akan membackup aplikasi pada ponsel android kita dengan Estrongs File Explorer. Estrongs File Explorer saya pilih karena selain mampu membackup aplikasi yang terinstall juga memiliki kemampuan untuk menginstall aplikasi dari SD card, selain itu aplikasi ini juga mampu untuk mengakses FTP dan jaringan LAN.

Setelah di install (gunakan android market untuk menginstall), jalankan aplikasi ini. Pada sudut kanan pastikan bahwa local telah terpilih, kemudian tekan tombol menu, lalu pilih manager dan pilih App Manager. Selanjutnya akan ditampilkan aplikasi-aplikasi yang terinstall di android anda. gunakan fungsi multi select dengan menyentuh icon yang terletak di sebelah icon rumah. Dengan fungsi ini anda dapat memilih aplikasi atau beberapa aplikasi sekaligus, jika aplikasi yang ingin anda backup telah terpilih tekan tombol menu lalu pilih backup. proses backup akan tampil pada area notifikasi (bagian atas layar) dan tunggu hingga selesai.

Android

  • Melakukan Factory Reset

Sekarang melakukan factory reset. Ada beberapa cara untuk melakukannya yang pertama dengan menekan kombinasi tombol tertentu di saat android booting (awal dihidupkan) namun kombinasi tombol bervariasi antar produsen jadi saya pilih cara yang kedua  yaitu dengan menggunakan menu yang terdapat di aplikasi setting android yang pasti sama di setiap android.

Untuk melakukannya pertama kita buka terlebih dahulu aplikasi setting , jika sudah pilih privacy lalu pilih Factory data reset. Selanjutnya anda akan diminta konfirmasi dan setelah anda memberi konfirmasi otomatis android akan melakukan restart lalu masuk keproses reset. Lama proses tergantung dari berapa banyak data yang dihapus, pada ponsel saya memakan waktu sekitar 10 menit. Setelah proses selesai secara otomatis android akan melakukan restart dan masuk ke sistem seperti biasa.

  • Merestore aplikasi pada android

Jika proses di atas berjalan lancar, sekarang saatnya kita mengembalikan data-data kita, dimulai dengan aplikasi. Pertama-tama kita install lagi Estrongs File Explorer dengan mendownload dari market. Jika sudah silahkan buka aplikasi tersebut kemudian buka /sdcard/backups/apps/ di sanalah semua file backup aplikasi kita disimpan secara default. Pilih aplikasi yang ingin anda instal kembali satu persatu.

  • Merestore SMS,Contact, dan Call Log pada android

Sekarang saatnya kita mengembalikan semua data sms, contact dan catatan panggilan ke android kesayangan kita. Pertama-tama anda harus menginstall kembali Mobile Backup II pada langkah restore aplikasi diatas. Jika sudah buka aplikasi ini lalu buka tab restore selanjutnya pilih data yang akan direstore kembali ke andorid anda. Prosesnya sama dengan saat kita membackup. Jika sudah selesailah sudah tugas kita.

  • Kesimpulan

Factory Reset berguna saat kita ingin mejual kembali android kita dan ingin membersihkan seluruh data pribadi kita, namun bisa juga kita gunakan ketika android kita mulai terasa lambat layaknya install ulang windows. Jika kita menggunakannya untuk tujuan yang kedua, langkah diatas akan membantu anda mencegah kehilangan data saat factory reset.

 

Membackup dan Merestore Data Android Sebelum dan Sesudah Factory Reset

Membackup dan Merestore Data Android Sebelum dan Sesudah Factory Reset

sumber

Keyword :cara backup data sms sebelum instal ulang,cara backup sebelum instal ulang android,cara backup android sebelum instal ulang,membackup data dan aplikasi android yang akan di riset ulang,cara backup data android sebelum instal ulang,cara backup aplikasi android sebelum install ulang,cara backup data aplikasi android sebelum diformat,cara backup android sebelum di format,cara backup data aplikasi android,cara backup data android sebelum factory reset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Powered by Jasa Pembuatan Website | Designed by: Kiswara Technology
You might also likeclose
The Best Of Voucher Electronic System since 2004 Created by Kiswara Technology